INDRAMAYU- Forum Widyabasa berencana menggelar lomba presenter dalam bahasa lokal Jawa Cirebon-Indramayu atau Pranatacara Basa Cerbon-Dermayu. Bekerjasama dengan Lembaga Basa lan sastra Cerbon (LBSC) dan Lembaga Basa lan sastra Dermayu (LBSD), lomba yang dihelat forum bentukan Komunitas Petani Literasi ini sebagai peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional.

Lomba yang pertama kali digelar ini juga didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat. Sesuai rencana, perhelatan ini juga dikerjasamakan dengan sejumlah media massa terbitan Cirebon serta stasiun radio dan televisi lokal Cirebon seperti RCTV, Radar Cirebon, Kabar Cirebon, Fajar Cirebon, Rakyat Cirebon, Radio Cindelaras dan sejumlah stasiun radio.

Forum Widyabasa merupakan bagian dari Komunitas Petani Literasi. Sebuah kumpulan para penulis dan seniman-budayawan dari berbagai daerah di wilayah Ciayumajakuning. Petani literasi sebagian besar berisi para penulis dan seniman-budayawan muda dari Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka.

Pranatacara Basa Cerbon-Dermayu I membagi peserta dalam tiga kategori. Kategori pertama tingkat anak-anak usia sekolah dasar (SD) dari usia 9 – 12 tahun, kemudian tingkat remaja usia 13 – 17 tahun dan dewasa usia 18 – 23 tahun. Di masing-masing kategori lomba akan menentu memilih tiga juara dengan satu juara favorit yang akan memperebutkan hadiah mencapai puluhan juta rupiah.

“Kita sediakan hadiah totalnya mencapai Rp 46,5 juta di semua kategori termasuk juara favorit. Ini lomba yang pertam kali digelar di Cirebon. Pesertanya umum, tidak saja Ciayumajakuning, tetapi juga Jawa Barat secara umum. Bahkan jika ada dari Brebes atau daerah lain di Jawa Tengah, kami sangat terbuka,” tutur Sekertaris Panitia Pelaksana, M Khoirul Anwar, beberapa waktu lalu.

Lomba tersebut nantinya ada dua bagian, yaitu babak penyisihan dan babak final. Untuk babak penyisihan pada 27 Maret 2016, rencananya akan digelar di sebuah mall yang ramai dikunjungi masyarakat. Sedangkan untuk babak final akan disiarkan secara langsung dari studio televisi lokal RCTV pada Selasa sore pukul 14.00 – 16.00 WIB, tanggal 29 maret 2016 di Jln Perjuangan Kota Cirebon.

“Sebelum masuk babak penyisihan, para peserta nanti akan diikutkan dalam workshop sekaligus technical meeting di Studio RCTV. Dalam workshop, peserta akan dibekali pengetahuan tentang broadcasting, presenting maupun kebahasaan Jawa Cerbon-Dermayu. Pemateri diantaranya presenter TV dari Bandung,” tutur Anwar. (CB05)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here