Apel Kesetian Pancasila Dan NKRI

CirebonBagus.com – Ribuan anggota Pemuda Ansor dan banser melaksanakan Apel kesetiaan pada Pancasila dan NKRI ,apel yang dilaksanakan dalam rangka peringatan  hari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 juni 2016 yang dilaksanakan di lapangan Palimanan Kabupaten Cirebon dihadiri oleh Pemuda Ansor Dan Banser dari berbagai daerah.

“Tujuan diselenggerakan acara ini adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan Pemuda Ansor dan Banser khususnya dan saat ini Kader kita sebanyak 1,7 juta apel semua merayakan hari kelahiran Pancsila, kita harus mengharagai keragaman. itu satu, Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau dan ini beragam sekali budaya suku dan agama, dan pancasila menjadi perekat dari semua perbedaan-perbedaan ini,” jelas Ketua Umum PP Ansor, Yaqut Choli Qoumas.

selain menekankan Pancasila abadi, Banser juga unjuk kebolehan dengan atraksi debus dan mandi petasan, sebagai simbol perlawanan terhadap radikalisme. Apel tersebut, Banser juga deklarasikan cinta Pancasila yang menyatukan rakyat Indonesia.

Terlihat tanpa rasa takut dan khawatir, sejumlah anggota Banser ini memasang tubuhnya untuk dipukul dengan balok kayu. Bahkan, tarian kuda lumAnsor ping membuat sejumlah banser mengamuk hingga kesulitan untuk disadarkan.

Dikatakannya, atraksi berbahaya juga dilakukan dua anggota Banser dengan mandi petasan. Tanpa rasa sakit, kedua anggota Banser yang sebelumnya melakukan ritual tersebut, dengan santainya menghadapi petasan besar yang melingkar di tubuh yang merupakan simbol dalam situasi apapun Banser tidak akan pernah gentar dalam membela tegaknya Pancasila.

Seluruh atraksi tersebut, merupakan simbol penolakan dan perlawanan, terhadap radikalisme dan kekerasan yang belakang kembali mencuat.

“Atraksi yang dilakukan oleh anggota khusus ini, dilakukan dalam apel peringatan ditetapkannya hari kelahiran pancasila oleh presiden Joko Widodo. Bagi Ansor dan Banser, Pancasila merupakan ideologi yang tak terbantahkan dan merupakan pemersatu beragam bahasa, budaya, agama di nusantara. Ansor pun, siap melakukan perlawanan terhadap kelompok yang berusaha memecah belah pancasila,” tandasnya.( CB 02)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here