Marwati (tengah) Pimpinan Yayasan Baitul Ilmi Hj Fifi Sofiah Effendy (kiri dari tengah) Istri Danrem 063/SGJ Cut Bungu Braham (kanan dari tengah) berfoto usai penyerahan rumahnya.

Air mata tak terbendung di pipi seorang nenek yang seolah tak percaya dengan nasib untung yang baru dia peroleh. Berpuluh tahun dia bersama keluarganya harus tinggal di gubuk reyot yang hampir setiap sudut bocor di kala hujan. Mimpinya memiliki rumah “gedong” atau bagus serta mentereng terwujud setelah mendapat bantuan Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon, Jawa Barat dan Yayasan Baitul Ilmi.

Adalah Marwati (65) warga RT 01/04 Blok Pilang Dalam Desa Pilang Sari, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon yang baru saja memiliki rumah layak huni. Rasa takut dan gelisah ketika terjadi hujan sirna setelah memiliki rumah yang bagus dan sehat.

Kita bli nyangka duwe umah sing bagus kaya gedong. Wis puluhan taun pengen ngerehab nanging laka biayae (Saya tidak menduga memiliki tumah seperti gedung. Sudah puluhan tahun ingin memperbaiki tapi tidak punya biaya),” ungkap Marwati.

Marwati menambahkan dia tidak percaya di tengah jaman maju yang sebagian besar warga tidak perduli dengan penderitaan orang lain tapi masih ada yang mau membantu memperbaiki rumahnya. Dia sangat berterima kasih kepada jajaran Korem 063/SGJ terutama Ketua Persit Candra Kirana, Ny. Cut Bungu Braham dan Ketua Yayasan Baitul Ilmi, Hj Fifi Sofiah Effendy.

Kita kesuwun pisan wis dibantu ning ibu-ibu Korem lan Baitul Ilmi. Lamun bli sing deweke umah kita tetep reyot, bocor lamun hujan, lamun ana angin wedi ketimpa kayu lan pengap. (Saya berterima kasih sekali sudah dibantu ibu-ibu dari Korem dan Baitul Ilmi. Kalau tidak dapat bantuan dari mereka rumah saya tetap reyot, bocor kalau hujan, kalau ada angin takut tertimpa kayu dan kondisinya sangat pengap),” kenang Marwati.

Akibat kondisi rumahnya, lanjut Marwati, dia pernah tertimpa kayu yang jatuh dari atap. Beruntung kayu yang jatuh kecil dan hanya sebagian mengenai tubuhnya sehingga dia hanya mengalami luka ringan.

Sementara Ketua Yayasan Baitul Ilmi Cirebon, Hj Fifi Sofiah Effendy mengatakan dirinya tergerak ketika melihat rumah Marwati yang sudah rubuh dan nyaris tidak bisa dihuni lagi. Dia bersama pihak lain akhirnya merenovasi total rumah tersebut.

“Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan renovasi total atas rumah Marwati. Bantuan ini dari orang-orang yang peduli dan saya hanya menyalurkannya saja. Kami memberikan rumah ini beserta surat-suratnya,” ungkap Bunda Fifi.

Senada dengan Fifi, Ny. Cut Bungu Braham mengatakan, rumah baru untuk Marwati atas kerja sama pihaknya bersama orang-orang yang peduli dengan masalah sosial di tengah masyarakat.

“Kami mengerahkan jajaran kami dan bekerjasama dengan pihak lain membangun rumah Marwati,” ucap Cut Bungu didampingi Kepala Penerangan Korem 063/SGJ Mayor Ismail. (Arif/CB)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here