Sejumlah pekerja sedang menganyam rotan di salah satu pabrik masuk wilayah Kabupaten Cirebon.

CIREBON- Dua asosiasi permebelan yakni Asmindo dan AMKRI melebur menjadi Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki). Peleburan dilakukan untuk meningkatkan posisi tawar dalam memperjuangkan kepentingan  masyarakat industri rotan dan permebelan Cirebon.
Masyarakat industri rotan dan permebelan Cirebon mendukung upaya peleburan Peleburan dua asosiasi akan dilakukan Rabu (1/6) hari ini di Jakarta. Peleburan ditandai dengan pembubaran dua asosiasi tersebut dilanjutkan pembentukan Himki. Barulah kemudian bertahap untuk seluruh kepengurusan di daerah.
Ketua Asosiasi Mebel Indonesia (Asmindo) Komisariat Daerah (Komda) Cirebon Sumartja menegaskan, dukungannya terhadap pembentukan Himki, dilakukan tanpa syarat. Meski ia harus melepaskan jabatan ketua, baginya kepentingan masyarakat industri rotan dan permebelan Cirebon lebih penting.
“Dengan bersatu akan lebih kuat dan pastinya posisi tawar dalam memperjuangkan kepentingan  masyarakat industri rotan dan permebelan Cirebon,” kata Sumartja.
Sementara itu Ketua DPD Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) Cirebon Raya Sonny A Tanamas tidak bisa hadir dalam deklarasi dukungan dan diwakilkan kepada pengurus lain.
Namun Sumartja menjamin Sonny juga bersikap sama dengan dirinya. “Pak Sonny bahkan sekarang sedang di Jakarta ikut mempersiapkan peleburan,” katanya.
Menurut Sumartja, dengan peleburan dua asosiasi, upaya masyarakat mebel dan kerajinan akan semakin fokus, untuk bisa mencapai target-target perjuangan.
Bagaimanapun, katanya, satu komoditas yang diurus oleh dua asosiasi, pasti tidak akan memberikan manfaat yang maksimal.
“Pemerintah juga tidak lagi dibingungkan dengan sikap asosiasi yang kerap berbeda pandangan dalam menyikapi kebijakan pemerintah,” tegasnya. (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here