Ketua Perindo, Hery Tanoesoedibjo berbincang dengan keluarga Keraton Kanoman, Rabu (22/6).

CIREBONBAGUS.COM-Ketua Umum DPP Perindo Harry Tanoesoedibjo (HT) melakukan safari Ramadhan dengan mendatangi sejumlah lokasi di Cirebon, Rabu (22/6). HT panggilan akrabnya prihatin atas minimnya bantuan yang diterima keraton di Cirebon, salah satunya Keraton Kanoman.

HT kemarin berkesempatan mengunjungi Keraton Kanoman dan bertemu Sultan Keraton Kanoman, Sultan Raja Muhamad Emirudin bersama keluarga. Emirudin ketika itu didampingi sejumlah kerabat di antaranya ibu kandung Ratu Sri Mulya, Patih Keraton Kanoman Pangeran Raja Mochamad Qadiran dan juru bicara Keraton Kanoman sekaligus adik kandung Emirudin maupun Qadiran, Ratu Raja Arimbi Nurtina.

HT menyatakan, diperlukan perhatian dari segenap otoritas terkait maupun stakeholder lain dalam menjaga keraton sebagai cagar budaya. Kondisi Keraton Kanoman layak dijaga mengingat perannya dalam peradaban masyarakat Cirebon sebagai identitas bangsa.

“Perlu ada konsep yang baik untuk penataan keraton,” kata HT.

Dia pun menyayangkan minimnya perawatan terhadap keraton dan berencana membantu untuk mengomunikasikan terkait hal ini kepada otoritas terkait di pusat. Arimbi, mewakili pihak keraton, mengapresiasi rencana tersebut.

Menurut Arimbi, sejak lima tahun terakhir Keraton Kanoman tak memperoleh bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon seperti sebelumnya. Biasanya, Pemkot mengalokasikan sekitar Rp50 juta/tahun bagi Kanoman.

“Tapi lima tahun terakhir ini kami tak dapat karena pemkot kabarnya sedang banyak pengeluaran, seperti pilkada,” paparnya.

Selain dari Pemkot Cirebon, bantuan juga rutin dialokasikan dari APBD Pemprov Jabar Rp600/juta. Berbeda dengan Pemkot Cirebon, bantuan dari Pemprov tergolong rutin dan dialokasikan untuk ritual-ritual.

Selain Keraton Kanoman dan komplek makam Sunan Gunung Jati, HT juga sempat memberi kuliah umum di STIKOM POLTEK Cirebon bertema ‘Membangun Ekonomi Indonesia Menghadapi Persaingan Ekonomi Global”. Kemudian, HT juga mengunjungi pondok pesantren Attarbiatul Watoniah di Kecamatan Mertapada, Kabupaten Cirebon.

Kunjungan HT ke Cirebon diakhiri dengan mengunjungi Ponpes Kempek di Kecamatan Palimanan, dan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, untuk berbuka puasa. Selain Cirebon, HT sebelumnya mengunjungi sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur sejak Sabtu (18/6). (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here