Disela-sela memberikan materi KIC berfoto bersama Penjabat Wali Kota Cirebon, DR H. Dedi Taufik, MSi di Rumah Dinas Wali Kota, Minggu (15/7).

CIREBONBAGUS.COM- Kelas Inspirasi Cirebon (KIC) kembali hadir di Kota Udang untuk  memperkenalkan beragam profesi kepada para siswa sekolah dasar. Relawan pendidikan ini berencana untuk menyasar sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaíyah (MI) yang berada di Kota dan Kabupaten Cirebon pada Hari Inspirasi yang dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2018.

KIC hadir pada kegiatan keempat kalinya setelah tiga kegiatan lalu berjalan sukses. Masih mengusung tagline yang sama dengan sebelumnya, yakni “Kehadiran-Ku Inspirasi-Mu”, KIC 4 berencana untuk menyasar SD dan MI.

“Kami akan mendatangkan para profesional dari berbagai bidang yang berasal baik dari penjuru Cirebon maupun luar Cirebon. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan murid-murid yang dikunjungi nantinya akan termotivasi untuk memiliki impian mengenai profesi yang akan mereka geluti di masa yang akan datang,” kata salah seorang pemateri KIC, Fadla.

Fadla menambahkan selain itu, relawan yang hadir menemui siswa-siswi tersebut juga dihimbau untuk menanamkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, pantang menyerah, semangat berbagi dan sikap-sikap positif lainnya. Hal ini dalam rangka pengembangan karakter mereka. Outcome yang diharapkan dari kegiatan ini lahirnya generasi penerus bangsa yang berkepribadian baik, memiliki kepercayaan diri serta semangat yang tinggi dalam meraih cita-citanya.

KIC juga hadir pada kunjungan seratusan anak yang tinggal di sekitar Kali Kriyan di Rumah Dinas Walikota, Minggu (15/7). Dalam kegiatannya mereka memberikan motivasi agar anak yang tinggal di Kali Kriyan memiliki cita-cita dan berjuang meraihnya.

Penjabat Wali Kota Cirebon, DR H Dedi Taufik, MSi merespon positif kegiatan relawan KIC yang terus memberikan motivasi ke pelajar tingkat dasar dan anak-anak. Motivasi mereka sangat bermanfaat karena usia dini dan SD menjadi landasan seseorang mengejar cita-citanya.

“Biasanya bagi pelajar yang sudah berpegang teguh memperjuangkan cita-citanya sejak SD bakal terwujud. KIC tentu akan menggambarkan bagaimana seseorang meraih cita-cita. Selain menjelaskan berbagai profesi yang dapat dipilih generasi muda mendatang,” ungkap Dedi.

Terdapat beberapa kategori relawan yang tergabung dalam KIC, yaitu relawan panitia, fasilitator, inspirator, dan dokumentator. Panitia KIC 4 sendiri sudah terbentuk sejak bulan April 2018 lalu melalui serangkaian pertemuan yang diadakan oleh panitia KIC 3 sebelumnya juga lewat open recruitment panitia yang digelar pada tanggal 17 April hingga 24 April 2018. Ada sebanyak 75 relawan panitia yang ikut serta mempersiapkan KIC 4. Pendaftaran relawan fasilitator pun sudah dilaksanakan pada tanggal 15 Mei sampai dengan 30 Mei 2018 lalu dan berhasil menyaring sekitar 40 relawan. Para fasilitator inilah yang akan menjadi penghubung antara pihak relawan, panitia dan sekolah.

Saat ini sedang dibuka pendaftaran bagi relawan inspirator dan dokumentator yang sudah dimulai dari tanggal 20 Juni 2018 hingga 20 Juli 2018 mendatang. Relawan inspirator terdiri dari para profesional yang akan terjun langsung menemui siswa-siswi SD/MI untuk mengenalkan profesinya. Sedangkan relawan dokumentator yakni para fotografer dan videografer handal yang akan mengabadikan setiap momen yang berlangsung selama KIC 4.  (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here