Beberapa pengunjung berenang bersama ikan Dewa di kolam renang Cigugur, beberapa waktu lalu.

CIREBONBAGUS.CO- Berwisata ke kota wisata Kuningan, Jawa Barat, jangan melewatkan objek yang satu ini, Kolam Ikan Cigugur. Karena tidak sekedar wisata pada umumnya, di sini pengunjung bisa melihat dengan dekat ikan keramat serta mencoba terapi ikan untuk memelihara sekaligus memperbaiki kesehatan anda.

Kolam Ikan Cigugur merupakan objek wisata alam sekaligus wisata budaya (di sekitar objek terdapat situs sejarah dan budaya leluhur) yang sudah sangat terkenal di Kuningan, bahkan sudah banyak wisatawan nasionaldan manca negara datang berkunjung. Terletak di Kelurahan Cigugur,Kecamatan Cigugur,Kabupaten Kuningan. Lokasinya berjarak sekitar3 Km dari pusat Kota Kuningan dan terletak tepat di pinggir jalan raya Cirebon – Kuningan – Ciamis, salah satu yang terbaik wisata andalan Kabupaten Kuningan.

Salah satu keunikan utama Kolam Ikan Cigugur adalah karena di dalamnya terdapat satu jenis ikan yang dikeramatkan yang disebut dengan ikan Dewa atau dalam bahasa latinnya disebut Labeobarbus Dournensis (Ikan Kancra Bodas). Merupakan jenis ikan langka, yang hanya dapat ditemukan di sedikit tempat di Indonesia.

Di wilayah Kabupaten Kuningan sendiri jenis ikan ini hanya hidup (berhasil dilestarikan) di Balong Keramat di Cigugur, Darmaloka (desa/Kecamatan Darma), Desa Ragawacana Kec. Kramatmulya, Desa Sidamulya dan Manis Kidul Kec. Jalaksana serta di KecPasawahan. Selain itu, ikan ini juga memiliki legenda tersendiri sehingga masyarakat sekitar menjadikannya sebagai ikan keramat untuk melestarikan keberadaannya. Oleh masyarakat sekitar ikan ini tidak pernah diganggu apalagi dipancing untuk dikonsumsi.

Unik dan langka, adalah spesifikasi tujuan wisata yang layak menjadi pilihan wisatawan tematis. Anda juga bisa menemukan sensasi berbeda saat mencoba berenang bersama ikan dewa yang berukuran relative cukup besar namun jinak dan tidak berbahaya, di kolam khusus untuk berenang.

“Kami sangat senang dapat mandi bersama ikan Dewa yang jinak dan di alam terbuka,” ungkap salah satu wisatawan asal Jakarta, Fajri.

Sejak 3 tahun lalu, Kolam Ikan Cigugur mulai dikenal dengan wahana barunya yang jugaunik, TerapiIkan Alami. Terapi ikan di kolam Cigugur sangat menarik karena tidak seperti umumnya dimana di tempat lain biasa menggunakan ikan impor, di sini justru menggunakan media ikan asli Indonesia (Native Species) yaitu ikan nilem mangut (Osteochilushasseltii). Bentuk ikannya kecil-kecil namun jumlahnya melimpah banyak. Ikan kecil ini akan menghisap-hisap beberapa bagian kaki kita yang kita celupkan ke dalam kolam. Hisapan atau gigitan kecilnya memberikan efek terapis yang berguna untuk kesehatan.

Jenis Ikan Mangut ini mempunyai banyak kelebihan dibandingikan terapi lainnya, ikan ini bisa mencapai ukuran sedang sekitar 10 inc, tetapi untuk terapi bisa mulai dari ukuran 2 inc, mulutnya tidak bergigi melainkan mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak, berumbai yang berupa otot elastic dan berguna untuk menghisap benda/makanan atau kulit mati, Ikan ini bersifat herbivore yaitu pemakan dedaunan, tidak galak dan cukup bersahabat dengan manusia.

Manfaat terapi ikan alami ini diantaranya adalah untuk menghilangkan jaringan kulit mati, menghaluskan kulit, melancarkan peredaran darah, menghilangkan kulit pecah-pecah, mencegah tumbuhnya cell liar, menghilangkan stress, meningkatkan fungsi syaraf, menghilangkan pegal-pegal, mengurangi tumpukan lemak dan merangsang simpul-simpul syaraf yang melemah sehingga menjadi sensitive kembali, yang pada akhirnya dapat menyembuhkan suatu penyakit karena simpul syaraf pada kaki terhubung dengan organ vital tubuh kita.

Saat ini di lokasi objek, fasilitas terus ditata dan dilengkapi, area parker yang mulai refresentatif, fasilitas umum untuk keperluan pribadi, musholla serta saung-saung khas (gazebo) yang cocok untuk sekedar bersantai atau makan-makan bersama keluarga.

Jadi, di objek wisata Kolam Ikan Cigugur selain berekreasi pengunjung juga dapat menikmati wisata terapi yang bisa membantu menyehatkan tubuh serta bercengkrama bersama ikan dewa yang unik dan langka. (CB01/ril)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here