Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. eti Herawati sedang memberikan saran terkait pelaksanaan Cifest ketika rapat di BP4D Cirebon, Senin (14/1).

CIREBONBAGUS.COM- Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan menggelar Event Cirebon City Festifal (CiFest) 2019 dalam upaya memenuhi target kehadiran 2 juta pengunjung pariwisata. Banyaknya kunjungan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati  terkait rapat persiapan rencana pelaksanaan CiFest di Aula Gotra Sawala BP4D Kota Cirebon, Senin (14/1). Eti mengatakan Kota Cirebon harus banyak menggelar event untuk menghadirkan wisatawan lebih banyak.

“CiFest diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Target kami kunjungan tahun ini mencapai 2 juta wisatawan,” ungkap Eti.

Eti menambahkan  CiFest ini merupakan salah satu bentuk untuk mengoptimalkan pariwisata di daerah. Event CiFest ini merupakan bentuk tolak ukur apakah kota Cirebon bisa siap dalam mengedepankan wisata atau tidak.

“Untuk perusahaan hotel, travel dan kuliner pun yang menjadi salah satu unsur penting dalam menyikapi perubahan pariwisata. Memenuhi jumla kunjungan 2 juta bukan yang mudah tapi jika semua turut serta insyaallah bakal terwujud,” kata Eti.

Hal tersebut juga diungkapkan Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, MSi terkait kesuksesan pelaksanaan CiFest akan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang. Kemajuan pariwisata pun memiliki dampak yang luar biasa bagi Pemerintah maupun semua pihak.

“Dengan selesainya tol Trans Jawa dan Bandara Kertajati harus dimanfaatkan. Hal ini yang harus menjadi perhatian bagi semua pihak untuk terus menyusun strategi yang baik,” kata Asep Dedi.

Sementara itu terungkap pula jika CiFest ini juga akan menetapkan Kegiatan Kepariwisataan yang berkelanjutan melalui Sosialisasi “Green Tourism” dimana setiap perangkat yang terlibat harus mengedepankan hal-hal yang bersifat ramah lingkungan. seperti misalnya pelaksanaan program “Zero-Waste Area” dalam bentuk penggunaan produk non-plastik

“Event CiFest juga diharapkan kedepannya akan mengangkat potensi wilayah terpencil yang memiliki potensi wisata seperti halnya wilayah Kriyan dan Argasunya,” tandasnya. (Adv)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here