Sekda Kota Cirebon, H. Asep Dedi sedang mengalungkan medali ke salah satu juara pada even Wali Kota Cup 2019 di GOR Bima, Sabtu (23/3).

CIREBONBAGUS.COM- Kejuaraan bulutangkis Walikota Cup Open 2019 diharapkan akan menjadi agenda resmi pertandingan internasional terutama bagi kalangan remaja. Walikota Cup kali ini sudah menjadi agenda nasional sehingga menjadi ajang pembuktian para klub dalam pembinaan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah yang sekaligus Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Cirebon, Drs. H. Asep  Dedi, MSi usai menutup Walikota Cup Open 2019 di GOR Bima Cirebon, Sabtu (23/3). Dedi mengatakan kegiatan berjalan sukses bukan hanya dari segi peserta hingga mencapai 1127 orang, tapi Wali Kota Cup sudah menjadi referensi PBSI dan kejuaraan nasional.

“Kejuaraan ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan kualitas maupun jumlah pesertanya. Kami sedang menimbang untuk meningkatkan grade lagi ke taraf internasional minimal Badminton Challenge Junior,” ungkap Dedi.

Dedi menambahkan keinginan ini tidaklah muluk karena secara kualitas dan kuantitas Wali Kota Cup 2019 sudah banyak diikuti atlet nasional bahkan internasional. Tercatat pada pertandingan kali ini sebanyak 7 peserta dari luar negeri ikut bertanding. Peserta dari luar negeri diantaranya berasal dari India sebanyak 4 atlet, Jepang sebanyak 1 atlet, Korea sebanyak 1 atlet dan Sri Lanka sebanyak 1 atlet.

“Saya kira Cirebon sudah mumpuni menggarap even tingkat internasional. Kita didukung fasilitas lapangan, hotel yang ada dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB),” kata Dedi.

Kehadiran para atlet, lanjut Dedi menjadi dukungan bagi perkembangan pariwisata di Kota Cirebon. Peserta yang datang tentunya akan menjadi duta wisata sehingga menarik saudaranya untuk datang ke Kota Cirebon.

Sekretaris Umum PBSI Jabar, Prof. Herman Subarjah, MSi mengatakan rasa gembira Kota Cirebon sukses menggelar kejuaraan swasta nasional yang pertama. Loncatan bagus terjadi setelah tiga kali melaksanakan kegiatan bersifat regional sekarang sudah masuk kategori nasional.

“Even ini sudah menjadi agenda tetap PBSI pusat sehingga diikuti klub besar di Indonesia bahkan luar negeri. Kami harapkan akan muncul atlet nasiona dan internasional sekitar 5-8 tahun lagi dari ajang ini,” ujar Herman.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Nasrin Yusuf mengatakan kegiatan berjalan sukses dilaksanakan dengan peserta yang cukup bervariatif. Kejuaraan sudah level nasional sehingga menjadikan Walikota Cup even bergengsi.

“Kejuaraan ini juga diharapkan akan meneruskan tradisi Cirebon memiliki atlet bulutangkis tingkat nasional bahkan internasioanl. Sebut saja leganda bulutangkis Cirebon ada Tjun Tjun, Indra Wijaya dan Chandra Wijaya. Semoga akan lahir atlet sehebat mereka dari ajang ini,” tandasnya.  (CB01)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here