Cirebonbagus.com: Sebanyak 196 dari 197 SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Cirebon siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin, 22 April hingga Kamis, 25 April 2019.

Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon telah melakukan berbagai upaya persiapan, mulai dari kerjasama dengan pihak PLN serta sinkronisasi data dan soal dengan Kementerian Pendidikan.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Mashuri mengungkapkan, persiapan pelaksanaan UNBK tingkat SMP sendiri saat ini sudah 98 persen.

Dari total SMP di Kabupaten Cirebon, hanya ada satu sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Di Kabupaten Cirebon semuanya berbasis komputer, tinggal satu sekolah saja. Ada 196 berbasis komputer, 1 sekolah UNKP,” ungkap Mashuri, Minggu (21/4/2019).

Mashuri menegaskan, satu sekolah yang tidak melaksanakan UNBK terkendala sarana prasarana. Namun Ia memastikan, untuk tahun 2020 mendatang, seluruh SMP di Kabupaten Cirebon akan melaksanakan UNBK tanpa terkecuali.

Sementara itu, Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Novi Komalasari menambahkan, ada sekitar 25.000 siswa kelas III SMP yang akan mengikuti ujian besok.

Novi juga menjelaskan, saat ini UNBK hanya menjadi syarat kelulusan. Pasalnya, kelulusan sepenuhnya ditentukan oleh sekolah, melalui penilaian sikap, pembelajaran di sekolah dan rapat oleh dewan guru.

“Lulusan sekolah sekarang yang menentukan, hanya UNBK sebagai syarat siswa untuk kelulusan tetapi nilainya tidak dijadikan sebagai penghitung nilai kelulusan,” pungkasnya. (CB05)

comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here